Kamis, 15 Oktober 2009

Pameran Seni Grafis
Karya PEMENANG & FINALIS TRIENAL SENI GRAFIS INDONESIA III 2009
15 Oktober 2009 jam 19:30
Waktu Selesai:
25 Oktober 2009 jam 18:00
Tempat:
Bentara Budaya Jakarta
Jl. Palmerah Selatan 17
Jakarta, Indonesia


Menyuguhkan seri pemandangan terbaru di dalam perkembangan dunia seni grafis hari ini, yang merupakan hasil dari Trienal Grafis 2009, sebuah kompetisi tiga tahunan yang dijaga secara ketat oleh tim juri. Sebanyak 50 karya finalis termasuk di antaranya tiga pemenang utama akan tampil di dalam pameran perdana di venue kami di Jakarta. Berbeda dengan dua kali kompetisi terdahulu, Trienal kali ini melonggarkan tema sambil mengharap munculnya karya-karya grafis yang hebat secara teknis sekaligus kuat di dalam pesan. Kombinasi kehebatan tersebut bisa ditemui di dalam sejumlah karya finalis. Berbagai corak gambar muncul di dalam puluhan karya tersebut, namun yang tak kalah penting hadir juga bermacam teknik cetak. Terbanyak di antaranya adalah cukil kayu, beberapa menggunakan intaglio, lithography, monoprint, serta “mixmedia”.

Menurut Ketua Juri Aminudin Siregar, di tengah berbagai kemudahan aplikasi teknologi/media sekarang, Trienal kali ini mengajak kita untuk merenungkan kembali potensi konvensi, kekuataan-kekuataan teknik, gubahan, dan estetiknya. Ia mengharap akan tercipta sebuah gelombang pemahaman bersama mengenai karakteristik seni grafis, mengenai peluang dan visi pengembangannya ke arah yang lebih baik.

Para peserta kompetisi ini berasal dari sejumlah daerah di Indonesia, namun seperti sudah diduga, sebagian besar karya finalis muncul dari seniman yang bekerja di Yogyakarta dan Bandung. Pameran ini akan dibawa berkeliling ke Bentara Budaya Yogyakarta (13-22 November 2009), Bentara Budaya Bali (1-20 Desember 2009). Pameran di Bandung dan tempat lain sedang di dalam penjajagan.


Tidak ada komentar: