Rabu, 04 November 2009

Pameran Fotografi - Presentation | Representation
Tanggal:
05 November 2009
Waktu:
19:30 - 21:00
Tempat:
Bentara Budaya Jakarta

Pameran Fotografi "PRESENTATION | REPRESENTATION"

Pembukaan: 05 November 2009, 19.30
Bentara Budaya Jakarta
Jl. Palmerah Selatan 17
Jakarta Pusat
Tel. +62 21 5483008
Pameran berlangsung s/d 22 November 2009, pukul 11:00-19:00
Minggu tutup

Pameran „darstellung | vorstellung“ mempresentasikan sepuluh posisi fotografi Jerman kontemporer. Setelah untuk waktu yang lama kegiatan seni dalam bidang fotografi, baik dalam tingkat nasional maupun internasional dibentuk oleh generasi murid-murid Bernd Becher dari Akademi Senirupa Düsseldorf, maka di tahun-tahun terakhir ini telah terbentuk satu babak fotografi yang lebih hidup dan heterogen, yang tak terikat pada satu institusi pendidikan, wilayah dan gaya tertentu yang sudah ada.
Para seniman pameran ini berasal dari generasi masa kini, mereka berusia sekitar 40-an, dan sejak sepuluh tahun terakhir ini mereka aktif di bidang fotografi. Banyak dari mereka hidup dan bekerja di Jerman Barat dan Timur. Yang khas dari perkembangan ini ialah di samping akademi senirupa di Düsseldorf ternyata Sekolah Tinggi Grafik dan Seni Buku di Leipzig juga menjadi semakin penting.
Sekarang ini fotografi berada dalam fase peralihan dari analog ke media digital. Melalui perubahan teknis ini terjadi juga pengertian baru dari kedua media fotografi itu sendiri dan dari kredibilitas yang dapat diaplikasikan oleh media tersebut. Fotografer yang terpilih dalam pameran ini merefleksikan situasi yang berubah tersebut melalui konstruksi otentik yang subyektif. Dalam karya-karya individual ini yang mencakup sisi seni dalam fotografi kontemporer, mereka memutus karakter yang berhubungan dengan fotografi dokumetarian tradisional. Karya-karya mereka berada di sisi dunia nyata dengan imajinasi artistik yang mewakilinya dengan memilih visual-visual yang personal.
Pameran dari „Institut für Auslandsbeziehungen“ dengan tema fotografi Jerman kontemporer ini, di titik ini, ingin menarik penampang lintang dan membawa kelompok kerja dari 10 fotografer ini ke dalam satu dialog. Karya mereka mulai dari karya digital sampai foto berseri. Bermacam karya seni yang mencoba menampilkan kenyataan, ditampilkan dan di perbandingkan, mengangkat karya individual para seniman dalam menemukan ciri khas mereka sendiri.

Salam,
Bentara Budaya Jakarta


Tidak ada komentar: