Senin, 14 Desember 2009

FESTIVAL TEATER JAKARTA 2009
Waktu Mulai:
13 Desember 2009 jam 14:35
Waktu Selesai:
23 Desember 2009 jam 22:35
Tempat:
Taman Ismail Marzuki, TIM
Jl. Cikini Raya No. 73
Jakarta, Indonesia


Festival Teater Jakarta yang sudah berlangsung sejak 1973 diharapkan menjadi salah satu instrumen untuk melihat dan mengukur kadar perkembangan serta kecenderungan dunia teater di Jakarta setelah satu tahun berjalan. Tahun ini Final FTJ 2009 akan diikuti 16 kelompok terbaik hasil penyaringan dari 5 wilayah di Jakarta. Penganugerahan kelompok teater terbaik serta penghargaan dari berbagai kategori lainnya dengan hadiah total Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah) akan menjadi puncak acara festival.

Dalam hal penjurian, tokoh-tokoh teater nasional yang duduk sebagai anggota tim juri yaitu : N. Riantiarno, Putu Wijaya dan Amak Baldjun. Tidak cukup hanya itu saja karena Konduktor Tony Prabowo juga diundang sebagai juri untuk memperkaya penilaian dari segi artistik musik.

Selain pementasan final kelompok-kelompok teater, festival kali ini akan diperkaya dengan beberapa program pendukung seperti pameran dokumentasi FTJ, bazaar, pentas eksebisi, workshop serta berbagai diskusi mengenai penyutradaraan teater. Termasuk diantaranya adalah diskusi panel dengan tema “Teater dan Kearifan Budaya Lokal” yang akan dipandu sutradara teater kawakan Nano Riantiarno dan Putu Wijaya. Semuanya diharapkan dapat semakin menyemarakkan FTJ 2009 sebagai sebuah peristiwa perayaan teater.

Tentang Festival Teater Jakarta

Festival Teater Jakarta yang dahulunya populer dengan sebutan Festival Teater Remaja pertama kali diadakan pada 1973. Beberapa tokoh teater dan film nasional yang ikut membidani kelahiran Festival Teater Jakarta diantaranya : Wahyu Sihombing, Djaduk Djajakusuma dan Teguh Karya. Festival ini sejak awal diniatkan untuk membina secara simultan kelompok-kelompok teater di Jakarta dengan dua aspek pokok, yaitu jangkauan kuantitatif dan kualitatif. Harapannya, festival ini bisa merangsang sebanyak mungkin lahirnya kelompok-kelompok teater di Jakarta dan pencapaian mutu yang setinggi-tingginya.


Tidak ada komentar: