Senin, 14 Desember 2009

Teater Cermin @ Festival Teater Jakarta

saksikan pentas teater cermin dengan Lakon Perhiasan gelas karya tennessee williams terjemahan teguh karya. Hari selasa Tanggal 15 Desember 2009 di Gd. Teater Luwes TIM jam 16.00.

Sinopsis

Judul : Perhiasan Gelas
Karya : Tennesee Williams
Terjemahan : Teguh Karya

Pertunjukan ini dibuka oleh Fritz sebagai narator. Fritz memperkenalkan tokoh-tokoh dalam cerita ini. Corrie adalah Ibunya, Jean adalah Kakaknya, Willem seorang tamu laki-laki, dan ayahnya yang hanya muncul dalam sebuah foto.

Di satu hari disaat makan malam keluarga, corrie mengomentari cara fritz makan, salah satu hal yang membuat Fritz kesal. Dan Corrie selalu menceritakan kenangannya tentang 17 orang tamu laki-lakinya. Karena ia gelisah terhadap jean yang tidak memiliki seorangpun teman laki-laki. Corrie bertanya kepada jean apakah ada seorang pemuda yang dicintainya, sampai pada kegagalan jean dalam menempuh pelajaran di sekolah. Corrie juga menggelisahkan fritz yang selalu keluar malam-malam untuk nonton film di bioskop dan seringkali pulang dalam keadaan mabuk. Pada Fritz, corrie memintanya untuk mengundang seorang tamu laki-laki, kawan kerja fritz untuk makan malam di rumah mereka agar bisa berkenalan dengan Jean.

Segala hal dilakukan Corrie untuk menyambut kedatangan tamu laki-laki itu, perabot baru, baju baru untuk Jean. Ternyata tamu laki-laki itu adalah teman sekolah jean yang pernah disukainya, namanya willem Rondonuwu. Setelah makan malam bersama, Fritz dan Corrie meninggalkan mereka untuk saling berbicara. Willem yang menyadari sikap Jean yang inferior mencoba untuk membangkitkan rasa percaya diri Jean. Namun willem tidak dapat lagi mengunjungi Jean karena telah bertunangan dengan siska. Hal itu membuat jean makin rapuh. Jean memberikan Unicorn yang telah patah tanduknya kepada willem sebagai kenang-kenangan.


Teater Cermin didirikan oleh Anto Ristargi pada tanggal 20 Mei 1995. Sejak itu kegiatan pementasan Grup Teater Cermin lebih banyak menjalani eksistensinya di ajang Festival Teater Jakarta sampai sekarang. Namun secara pribadi anggota teater cermin menuangkan kreativitasnya di berbagai bidang. Karena Teater Cermin di bentuk untuk tujuan para anggotanya dapat mempetrsiapkan diri dalam menghadapi kariernya di berbagai bidang.

Prestasi :
Beberapa kali lolos penyisihan tingkat wilayah Jakarta barat, dan dua kali memenangkan kategori 3 besar grup terbaik tingkat DKI Jakarta (2006-2007). Satu kali lolos dalam penyisihan tingkat provinsi di ajang Festival Teater Alternative (2004).


Contact Person : Habibi Rizqi Ramadhan (085694400027)


Tidak ada komentar: