Minggu, 14 Februari 2010

BBB Putar Film : Drama/Komedi China


Waktu Mulai:
12 Februari 2010 jam 15:00
Waktu Selesai:
13 Februari 2010 jam 20:00
Tempat:
Bentara Budaya Bali
Jl. Prof IB. Mantra No. 88 A (by Pass) Ketewel, Gianyar
Denpasar, Indonesia


Keterangan
Jumat, 12 Februari 2010
Jam 15.00 Not One Less
Jam 17.00 Happy Times
Jam 19.30 Together

Sabtu, 13 Februari 2010
Jam 15.00 The King of Masks
Jam 17.00 Beijing Bicycle
Jam 19.30 Shower

Untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2561, Bentara Budaya Bali (BBB) bulan ini memutar enam film drama/drama komedi China karya para sutradara Generasi Kelima (yaitu Zhang Yimou, Chen Kaige, dan Wu Tianming) dan Generasi Keenam (Wang Xiaoshuai dan Zhang Yang). Film-film ini dapat memberikan gambaran perkembangan masyarakat China yang bergerak mulai dari masyarakat pedesaan yang miskin hingga metropolitan yang gemerlap dan modern. Dua film drama komedi Zhang Yimou adalah Not One Less (1999, 106 menit) dan Happy Times (2001, 95 menit).

Film pertama adalah tentang Gao, seorang siswi berusia 13 tahun yang terpaksa harus menjadi guru pengganti di sebuah sekolah dasar di pedesaan. Oleh gurunya, jika ingin memperoleh bonus sejumlah uang, Gao diwanti-wanti ke-28 murid yang dititipkan kepadanya harus tetap dalam jumlah utuh jika sang guru balik dari perjalannya ke kota. Celakanya, salah satu murid menghilang karena dikirim ibunya untuk bekerja ke kota, Gao pun menyusul mencari. Film ini memenangkan penghargaan Singa Emas di Festival Film Venesia.

Sementara film kedua lebih kocak, berkisah tentang seorang lelaki pembual. Film drama Together (2002, 118 menit) karya Chen Kaige berkisah tentang seorang remaja pria yang amat piawai bermain biola yang dibawa oleh ayahnya dari kota kecil untuk mengembangkan bakatnya di Beijing. Si remaja sempat ditolak sekolah musik terkenal, namun kemudian dibina langsung oleh dua orang guru musik yang disegani.

Film drama The King of Masks (1996, 101 menit) arahan Wu Tianming amat mengharukan karena mengisahkan seorang pria tua pengamen topeng jalanan (dibintangi aktor senior Zhu Xu) yang ingin mewariskan kemampuannya kepada seorang anak pria. Anak yang ditemukannya di jalanan yang semula dikiranya pria, ternyata bocah perempuan.

Film kelima adalah Beijing Bicycle (2001, 113 menit), karya sutradara Wang Xiaoshuai dengan judul asli Shiquide danche, yang diproduksi sebagai bagian dari seri film Tales of Three Cities ciptaan sutradara-sutradara muda China. Film drama ini mengisahkan seorang pemuda dari pedesaan China yang mengadu nasib di Beijing sebagai kurir antaran surat yang menggunakan sepeda.

Film keenam, Shower (1999, 95 menit) ditulis dan disutradarai Zhang Yang. Film drama komedi ini jenaka juga sentimental. Film ini mengisahkan kehidupan di sebuah kawasan tua Beijing yang masih dihuni orang-orang berusia agak lanjut yang biasa menjadikan tempat pemandian umum untuk berkumpul dan bersosialisasi. Pemilik tempat pemandian itu adalah Liu yang diperankan Zhu Xu (pemain utama The King of Masks) yang mempunyai dua orang putra. Anak pertama adalah seorang pria karir modern yang tinggal di metropolitan Shenzhen di selatan dan kebetulan pulang menjenguk sang ayah. Adiknya agak mengalami keterbelakangan mental. Masalah terjadi ketika kawasan tempat pemandian umum itu akan dibongkar.



Tidak ada komentar: