Jumat, 26 Maret 2010

"SERAGAM YANG DIINGATKAN"



Waktu Mulai:
27 Maret 2010 jam 17:00
Waktu Selesai:
10 April 2010 jam 19:00
Tempat:
Galeri Canna
Jl.Boulevard Barat Raya Blok LC 6 No 33-34, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Jakarta, Indonesia


Seragam Yang Diingatkan

Solo Exhibition by Isa Perkasa...akan dibuka oleh Bapak teten Masduki.

"I have to seek a different kind of freedom now. Everyone who was too afraid before is suddenly making political art now and it doesn't mean anything anymore. I don't want to be a man in uniform - at least, not in the way I think and make art." - Isa Perkasa (1999)


Pameran Isa Perkasa ini adalah kelanjutan dari pameran sebelumnya dengan judul Ingatan Yang Diseragamkan (Bale Tonggoh, Bandung, 2009). Penggunaan judul yang dibalik kali ini sengaja dilakukan mengingat materi pameran sekarang masih terdapat persamaan, baik dari segi tema maupun medium yang digunakan Isa Perkasa dengan karya-karya sebelumnya.
Di luar alasan itu, kedua judul menyiratkan suatu makna yang juga disasar Isa, yaitu soal ‘sejarah’. Oleh karena itu, istilah ‘ingatan’ yang digunakan di dalam dua pameran ini bisa dimaknai sebagai ‘sejarah’. Sementara ‘seragam’ sendiri memiliki makna simbolik yang sangat dalam. Sebagaimana yang kita pahami dari reputasi Isa di peta medan sosial seni rupa tanah air sebagai seniman yang kritis, istilah Ingatan Yang Diseragamkan maupun Seragam Yang Diingatkan kiranya bisa dijadikan bahan renungan untuk menghayati bagaimana praktik kekuasaan uang otoriter dilakukan di Indonesia.


Tidak ada komentar: