Jumat, 23 April 2010

Alun dan Pusaran: AT Sitompul Menghela Seni Grafis


Waktu Mulai:
08 April 2010 jam 19:30
Waktu Selesai:
17 April 2010 jam 18:00
Tempat:
Bentara Budaya Jakarta


Dear All,

Bentara Budaya Jakarta, kali ini menyelenggarakan Pameran Seni Grafis

ALUN dan PUSARAN : AT Sitompul Menghela Seni Grafis

Peresmian : Kamis, 8 April 2010 pk. 19.30 wib
Pameran untuk umum : 9 – 17 April 2010 pk. 10.00 – 18.00 wib

Bentara Budaya Jakarta
Jl. Palmerah Selatan 17 Jakarta Pusat
021 5483008, 5490666 ext. 7910-7913

www.bentarabudaya.com

Seni cetak grafis, tapi optical art. Itu kesan yang paling mudah muncul dari karya-karya AT Sitompul. Pemandangan umum tentang seni cetak grafis di Indonesia didominasi oleh cukil kayu yang memberi jejak torehan dalam di papan yang khas, sementara kesan permainan optis sering dirangkai lewat konfigurasi bidang-bidang rata dan pewarnaan datar. Bisa dibayangkan tingkat kecermatan yang dibutuhkan untuk menyiapkan karya seni cetak ini. Maka sajian grafis yang optis menjadi sangat menarik untuk ditatap.
Ia bekerja dengan teknik cukilan, menggunakan spirit optical art yang sangat modern, dan dengan teknik visualisasi scrapboard. “Ini sangat memungkinkan terjadinya visualisasi baru di dalam hal berkesenian, terutama di dalam dunia seni cetak grafis,” tulisnya di dalam sebuah surat kepada Bentara. Di dalam hal itu, ia mengaku berhasil membuat visualisasi ilusi motif. Tambahnya, “Motif sangat kuat mempengaruhi saya.”
Pengejawantahan semangat motif itu bisa dikenali di sejumlah karyanya yang baru. Pada beberapa grafisnya ia bergelut dengan bentuk-bentuk simetrik, dan susunan garis dan bidang geometrik, yang sesungguhnya juga teramat jarang dikerjakan orang di dunia seni cetak grafis.
AT Sitompul yang tinggal dan berkarya di Yogyakarta, adalah pemenang ke-3 kompetisi dan pameran “Trienal Seni Grafis III/2009” yang diselenggarakan oleh Bentara Budaya. Pameran tunggalnya ini dirancang sebagai kelanjutan dari kegiatan tiga tahunan tersebut, untuk lebih meningkatkan semangat berkesenian di kalangan seniman dan semakin menumbuhkan apresiasi di masyarakat luas. Pameran akan digelar di ke-4 venue Bentara Budaya.

Salam,
Bentara Budaya Jakarta

Tidak ada komentar: