Rabu, 30 September 2009

"copy-paste extraordinaire", Pameran tunggal Henry Foundation.
paintings, graphic.



ruangrupa
mempersembahkan

Pameran tunggal Henry Foundation
copy-paste extraordinaire
paintings, graphic


Kurator: Agung Hujatnikajennong

Pembukaan pameran :
Minggu, 11 Oktober 2009 jam 17.00 – selesai

dimeriahkan oleh:
Frigi Frigi

Pameran :
11 – 24 Oktober 2009 (setiap hari jam 11.00 – 21.00, kecuali hari Minggu tutup)

RURU Gallery
ruangrupa
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 6, Jakarta Selatan 12820
t/f: +62 21 8304220
e-mail: info@ruangrupa.org
www.ruangrupa.org

“8 tahun lebih saya bermain di berbagai macam media. copy-paste extraordinaire mengembalikan saya ke media yang benar atau mungkin tidak benar”
(Henry Foundation)

Bagi Henry Foundation, istilah 'salin-tempel' (copy-paste) tidak saja mencerminkan prinsip dasar dari seluruh proses kreasinya. Lebih dari itu, 'salin-tempel' telah menjadi ideologi yang menyemangati jaman di mana kita hidup. Hari -hari ini, ketika segala macam informasi selalu tersedia di depan mata dan bisa diakses dengan sangat mudah, pemahaman kita tentang dunia pun sesungguhnya telah berubah. Kini seorang seniman tak lagi mungkin mencipta dari titik nol, karena tak mungkin menolak informasi yang mengepungnya. Proses aktualisasi diri kemudian menyerupai tindakan mengenakan pakaian, yang selalu dibatasi oleh pilihan-pilihan yang ada. Pernyataan eksistensi tak lebih dari sekedar pose-pose dalam sebuah sesi pemotretan. Inilah pokok-soal yang ingin dinyatakan oleh Henry. Namun, tanpa tendensi untuk menyatakan kritik, karya-karyanya dalam pameran ini menyodorkan persoalan identitas seniman dengan cara yang santai dan menyenangkan.
(Agung Hujatnikajennong)


Henry Foundation setelah menyelesaikan pendidikan seni grafis di Institut Kesenian Jakarta di tahun 2000 banyak melakukan eksplorasi seni dengan beragam media, dari grafis, performance art, interactive, video hingga berbagai proyek musik.
Selain terlibat di banyak proyek seni rupa bersama ruangrupa, Henry Foundation juga bekerja sebagai video director bersama Anggun Priambodo lewat bendera The Jadugar, yang kemudian memberi referensi baru bagi estetika seni video musik di Indonesia melalui karya video mereka untuk band-band seperti LAIN, The Brandals, Naif, dan Boys R’ Toys. Henry Foundation yang akrab dipanggil dengan nama Batman juga dikenal sebagai vokalis dari Goodnight Electric - band electronic pop yang telah merilis 2 album. Sampai sekarang Henry Foundation bekerja secara independen sebagai graphic designer dan video director, dan juga kerap bekerja memeriahkan pesta-pesta di club-club ibu kota dan acara-acara musik anak muda sebagai DJ.

Kali ini lewat pameran tunggalnya yang kedua berjudul copy-paste extraordinaire, Henry Foundation kembali ke dunia seni rupa untuk menampilkan karya-karya terbarunya dalam media lukis dan grafis di RURU Gallery.



Tidak ada komentar: