Kamis, 26 November 2009

Bedah buku "Jejak Darah"
Penyelenggara:
BARLI MUSEUM
Tanggal:
29 November 2009
Waktu:
15:00 - 17:00
Tempat:
Barli Museum
Jl.Prof.Ir.Sutami 91


Bedah Buku
"Jejak Darah"
(Chris Santosa, Grasindo, 2009)

Jejak Darah Sebuah cerita fiksi yang melihat sisi ekstrimitas dari sebuah kecenderungan manusia ‘modern’ yang mendewakan rekayasa fisik dibanding hal-hal natural.

Mengambil setting Jakarta, Indonesia, cerita ini dimulai sebuah potongan kisah di Garut tahun 1960-an. Sebuah kisah pertanyaan yang menjadi landasan penjelasan psikologis atas perjalanan cerita ini selanjutnya.

Cerita kemudian melompat ke Jakarta tahun 2004 dengan penokohan Mischa dan Jessica, dua kakak beradik yang tinggal di sebuah apartemen dua kamar. Mischa berpacaran dengan Reno kakak kelas di kampusnya dan mereka tentunya berpacaran dengan ‘cara modern’ pula. Bekebalikan dengan Mischa, Jessica justru memilih tidak berpacaran. Sifat keduanya pun bertolak belakang; Mischa dengan sikap manis dan Jessica dengan keketusannya.

Meski keduanya bersaudara dan berhubungan sangat akrab, pada suatu titik dalam perjalanan Mischa, ia memilih untuk tidak berbagi kegalauan hatinya dengan adiknya, hingga sebuah rangkaian masalah yang menjadi petaka bagi keluarga mereka muncul. Darah tersembur; Reno dipersalahkan, Jessica terperangkap rasa bersalah mendalam.

Cerita pun pindah ke Jakarta 2009, kota yang sudah dimodernisasi dengan polesan dan aksesoris baru. Demikian pula dengan para tokoh yang ada, masing-masing melanjutkan hidup dengan polesan cantik terhadap beban peristiwa 5 tahun sebelumnya.

Tanpa sengaja terjadi pertemuan kerja antara Jessica dan Reno. Cukup cepat keduanya untuk dapat saling menerima dan memaafkan. Perjalanan 5 tahun membuat Jessica mampu melihat ketulusan Reno terhadap Mischa kakaknya. Pertemuan Reno dan Jessica yang terjadi sehari sebelum peringatan 5 tahun meninggalnya Mischa mungkin bukan kebetulan semata. Malam harinya Jessica mulai melihat hal-hal yang tidak masuk akal...

Setelah sukses dengan penjualan bukunya, novel Jejak Darah akan segera diangkat ke film. Chris X (Chris Santosa) sebagai penulis buku akan berbicara mengenai serunya memindahkan cerita buku ke layar lebar..

Tidak ada komentar: