Senin, 23 November 2009

Presentasi Eko Nugroho:
Residensi di Vaulx-en Velin & Partisipasi di Lyon Biennale 09

Talk Series
Bersama Eko Nugroho
Oleh-Oleh dari Eko Nugroho: Residensi di Vaulx-en Velin & Partisipasi di Lyon Biennale 09
Tempat: Perpustakaan Indonesian Visual Art Archive
Hari/tanggal: Selasa, 24 November 2009
Pukul: 15.00 – 18.00 WIB


Sesuai tradisi yang telah berjalan di IVAA sejak 10 tahun yang lalu, bulan ini kembali menghadirkan Talk Series sesi ‘Oleh-oleh’ dari pekerja seni yang baru saja kembali dari melaksanakan kegiatan di kancah internasional, berupa sesi berbagi pengalaman melalui presentasi slideshow/video dan forum diskusi terbuka.

Kali ini IVAA kedatangan kawan lama yang istimewa yaitu perupa Eko Nugroho. Eko akan membagi cerita perjalanan dan pengalamannya di Perancis sepanjang September-Oktober 2009 lalu. Kegiatannya ada dua yaitu sebuah program residensi di kota Vaulx-en Velin dan partisipasinya di Lyon Biennale yang kemarin dibuka 17 Oktober 2009.

Residensi Eko di Vaulx-en Velin, distrik kecil di pinggir kota Lyon, menghasilkan sebuah karya kolaborasi dengan komunitas anak muda keturunan imigran di kota itu. Vaulx-en Velin memang sudah lama dikenal sebagai wilayah yang bermasalah karena tegangan antara penduduk ‘asli’ dan para pendatang. Kolaborasi Eko dengan komunitas muda ini menghadirkan sebuah pentas Shadow Puppet berjudul ‘Pelangi di Atas Batu’ yang menceritakan kisah-kisah tentang diaspora dan isu imigran di kota itu.

Karya Eko di Lyon biennale juga masih berkutat tentang persoalan perbedaan di antara manusia, sebuah mural yang berjudul ‘Cut the Mountain & Let It Fly. Mural ini dibuat Eko pada sekujur eksterior gedung ‘Le Sucriere’, bekas pabrik gula yang menjadi venue utama pameran Lyon Biennale.

Eko akan membagi keseluruhan kisah pengalamannya dan proses pengkaryaannya di Perancis ini di IVAA. Semua diundang untuk mengobrol bersama Eko, seperti biasa dengan snack dan minuman ringan dari kami.

Gratis!!

Sampai jumpa!



Indonesian Visual Art Archive

Jalan Patehan Tengah No.37
Yogyakarta 55133 INDONESIA
Tel. +62 274 375 247
Telp./Fax. +62 274 372 095
Email. documentation@ivaa-online.org
Halaman website acara:
http://www.ivaa-online.org/home/oleh-oleh-dari-eko-nugroho-residensi-di-vaulx-en-velin-partisipasi-di-lyon-biennale-09/

Info
Yoshi Fajar K. | 08121578398


Tidak ada komentar: