Kamis, 19 November 2009

Public Lecture Series #3
Penyelenggara:
Aksara IVAA
Tanggal:
22 November 2009
Waktu:
16:00 - 20:00
Tempat:
Arslonga (Ruang Seni),
Jl. Mantrigawen Lor No.11 Yogyakarta (timur Purawisata, sebrang TIKI)


Hari, tanggal: Minggu, 22 November 2009
Waktu: 16.00 - 20.00 WIB
Tempat: Arslonga (Ruang Seni), Jl. Mantrigawen Lor No.11 Yogyakarta (timur Purawisata, sebrang TIKI)
Pemateri, topik:
Sesi I. 16.00 - 17.30 WIB, Eko Prawoto (Arsitek, Dosen, Perupa). “Arsitektur & Seni:Konstruksi Seni Luar Ruang”
Sesi II. 18.30-20.00 WIB, Bambang “Toko” Witjaksono (Perupa, Dosen). “Proses Pengkaryaan Seni: Bukan Komikus Bukan Pelukis.”
Moderator: Grace Samboh

Gratis!

Profil singkat pemateri Public Lecture Series #3:
Eko Prawoto
Lulus dari Universitas Gajah Mada, 1982. Eko Prawoto bekerja sebagai arsitek junior di PT Prima Design. Kemudian menjadi dosen dan pendiri jurusan Arsitektur di Universitas Kristen Duta Wacana. Awal karir tersebut, membawanya keperjalanan penuh tantangan dan tak terduga. Saat menjadi dosen muda, beliau bertemu dengan Romo YB Mangunwijaya, banyak berdiskusi filosofis dan konsentrasi lebih dalam lagi mengenai humanitarian. Pertemanan ini menjadi pengaruh yang penting dalam dasar pemikiran-pemikiran Eko Prawoto di masa depan. Eko Prawoto kembali melanjutkan sekolahnya di Berlage Institute Amsterdam tahun 1991. Sepulang dari sekolah ini, kembali membawa perubahan dalam karirnya. Desain-desainnya menjadi penuh eksperimen, menggabungkan elemen arsitektur modern dan tradisional. Bersamaan dengan itu, hubungannya dengan kesenian semakin kuat. Sebagai pembunuh sepinya iklim arsitektural masa itu di Yogyakarta, yang menurutnya hanya mementingkan industri dan kebutuhan ekonomi saja. Menurutnya, kerja seniman dinamis dan penuh energi, kaya inspirasi dan hidup, skaligus bersinergi dengan realitas. Sampai hari ini Eko Prawoto selain sebagai arsitek aktif berkarya, juga menjadi undangan dalam perhelatan seni di Indonesia dan luar negeri.

Bambang “Toko” Witcaksono
Lulusan Seni Grafis ISI Yogyakarta ini, semenjak mahasiswa aktif berkarya komik. Hingga ia bersama teman-temannya mendirikan kelompok Apotik Komik, 1997. Semenjak itulah ia banyak membuat proyek seni di ruang publik. Selain aktif berpameran di dalam dan luar negeri, ia adalah dosen di almamaternya, kurator untuk beberapa pameran, promotor musik rock lokal, dan bekerja sebagai makelar serta kolektor barang-barang antik seperti komik, stiker, kaset dan lainnya. Spirit bertutur dan parodi merupakan hal penting dari karya-karyanya.

cp,
Ferial
081802702895
public@ivaa-online.org
http://www.ivaa-aksara.org



Tidak ada komentar: