Sabtu, 28 November 2009

VOTE NOTES From LAB.LT
Opening Nite
Waktu Mulai:
08 Desember 2009 jam 19:00
Waktu Selesai:
25 Desember 2009 jam 19:00
Tempat:
Tembi contemporary
Jl. Parangtritis Km. 8,5, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul
Yogyakarta, Indonesia


Adalah 5 perupa perempuan, yang menggabungkan diri di bawah nama LAB-LT, yang menutup rangkaian pameran seni visual di Tembi Contemporary dengan pameran yang bertajuk i sense. Lenny Ratnasari Weichert, Ambarwati Sri Lestari, Bonita Margaret, Lashita Situmorang dan Theresia Agustina Sitompul mengajak kita sejenak untuk melakukan perjalanan retrospeksi dan introspeksi sepanjang tahun 2009 yang sebentar lagi akan kita tinggalkan. Sekilas karya mereka berbau politis, tapi kalau kita luangkan waktu untuk mencermatinya, kita seolah dipaksa untuk berkaca pada kenyataan hasil perilaku, perbuatan dan pilihan-pilihan yang kita buat. Sangat mudah untuk mengeluhkan kondisi yang tidak kondusif sekarang ini, dan kita sepertinya lupa bahwa sedikit banyak, kita semua ikut menyumbang pada ketidaknyamanan yang kita rasakan sekarang.
LAB LT adalah gabungan sekelompok seniman perempuan yang terdiri dari: Lenny Ratnasari Weichert, Ambarwati Sri Lestari, Bonita Margaret, Lashita Situmorang, Theresia Agustina Sitompul.
Nama LAB LT mengandung 2 makna. Makna pertama, yang gampang diingat, adalah inisial dari ke lima perupa perempuan yang menggabungkan dirinya untuk kemudian berkarya bersama. Makna kedua adalah lebih pada sistem kerja, tempat dan posisi. LAB LT singkatan dari LABoratorium Labor (Tenaga Kerja) dan T-Square (Penggaris Siku). LAB LT adalah wadah dan wahana bagi ke-5 seniman perempuan dalam melakukan riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dalam proses berkarya seni. Dan dalam sebuah laboratoriumlah biasanya dimungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali. Laboratorium ilmiah biasanya dibedakan menurut disiplin ilmu, karena itu ditambahkanlah LT sebagai unsur pembeda. Labor (Tenaga Kerja) dan T-Square (Penggaris Siku) adalah modal awal proses berkreasi dan berkarya Sebagai wahana, LAB LT adalah laboratorium kerja seni yang diharapkan dapat menghasilkan karya-karya yang terukur tanpa mengurangi nilai seni dan tanpa mengabaikan proses imajinatif, interaktif secara estetis.



Pameran dibuka oleh Ibu Anggi Minarni
Hiburan oleh : RESCUE, SLAMET MAN feat SUNYAHNI dan CAMPUR SARI


Tidak ada komentar: