Jumat, 13 November 2009

Whats Good Today ?
Waktu Mulai:
17 November 2009 jam 19:15
Waktu Selesai:
17 Desember 2009 jam 22:15
Tempat:
ViaVia Cafe
Prawirotaman, 30
Yogyakarta, Indonesia


What’s Good Today?

A dalah sebuah proyek pribadi dari Timoteus Anggawan Kusno yang mulai dikerjakan sejak 2 tahun lalu. What’s Good Today adalah sebuah konsep tentang bagaimana merespon dan melihat satu hari yang biasa di tempat biasa dengan cara yang tidak seperti biasanya (bisa jadi luar biasa, atau malah biasa saja). Mencoba melihat satu hal baik dari satu hari yang penuh dengan rutinitas, kepenatan dan kepanasan.

Mengeksplorasi beragam bahasa tutur yang dekat dan sederhana, dan memang di sini Timoteus sengaja tidak mengikrarkan gagasannya pada satu bentuk medium tertentu, tapi cenderung mengaplikasikanya dalam bentuk yang lebih beragam dan dekat dengan keseharian.

Yang ingin ditawarkan dan dipamerkan di sini adalah sebuah dialog, melalui serangkaian atmosfir, sebuah mood yang optimis. Dengan melihat kesederhanaan yang ada di sekitaran yang berpotensi untuk bisa diangkat lagi dalam pembentukan wacana yang lebih luas. Dengan mencoba memberi ruang tafsir bagi beragam wacana dan isu yang terjadi di sekitaran tersebut dengan lebih rileks namun juga bukan berarti acuh.

Proyek ini digagas dan dikerjakan oleh Timoteus Anggawan Kusno, yang dalam pelaksanaannya berkolaborasi serta melibatkan beberapa teman-teman fotografer, yaitu Lindsay Goodrich, Matt Aitken, Doni Maulistya, Deni Yudistira, dan Ratri Nur Wulandari, serta dua teman lain yang sedang menekuni dunia tulis menulis, yaitu Purnawan Ipang (redaktur www.itsmusicboxtoday.com) dan Fajar Marrtha (aktivis zine independen).

What’s good today pada tahun-tahun awal secara kolektif dirangkum dalam sebuah blog internet www.whatsgoodtoday.co.nr yang diadmin oleh beberapa teman, yaitu Leilani Hermiasih, kemudian dilanjutkan oleh Rega Ayundya Putri.

Dalam proyek ini Timoteus Anggawan Kusno mengeksplorasi gagasan tersebut dalam beragam bentuk dan medium penyampaian, yang berangkat dari beberapa karya instalasi yang pernah digarapnya, serta benda-benda sederhana yang kerap dijumpai sehari-hari di sekitaran.










Bentuk Karya

Bentuk yang ditawarkan untuk dipamerkan di sini adalah serangkaian benda-benda yang berangkat dari visual yang mewakili gagasan What’s Good Today. Bentuk-bentuk sederhana yang disusun untuk membangun kedekatan dan kehangatan, suatu atmosfir positif dan suasana optimis yang intim. Seperti sebuah obrolan minum kopi yang seru dengan seorang kawan lama.

Dalam pameran ini, bukalah detil fotografis secara partial dan teknis yang menjadi focus utama. Rangkaian visual yang memang banyak berangkat dari fotografi tersebut lebih merupakan elemen pembentuk karya ini secara keseluruhan yang memang dibangun untuk menciptakan sebuah atmosfir. Yang ingin dibangun adalah bagaimana mengalami karya-karya yang saling terangkai dalam satu mood dan energy ini bisa dirasakan dan dialami secara holistic.

Pada pembukaan pameran ini pula, seorang kawan lama saya, Gardika Gigih Pradipta akan membawakan eksplorasi komposisi musiknya untuk merespon mood yang saya tawarkan dalam pameran What’s Good Today? ini.


Tidak ada komentar: