Minggu, 06 Desember 2009

Pameran Pemenang & Finalis
TRIENAL SENI GRAFIS INDONESIA III 2009


Waktu Mulai:
03 Desember 2009 jam 18:30
Waktu Selesai:
20 Desember 2009 jam 18:00
Tempat:
Bentara Budaya Bali
Jl. Prof. IB Mantra no. 88 A Ketewel Gianyar
Denpasar, Indonesia


Bali menjadi pilihan utama untuk disinggahi pameran keliling karya seni cetak grafis ini sedikitnya untuk dua alasan. Pertama karena kegiatan semacam ini sangat jarang dilakukan di tengah keramaian seni rupa terutama seni lukis, dan pada hemat kami baik seniman maupun masyarakat umum di Bali perlu mendapat alternatif suguhan visual. Kedua untuk memberi dorongan semangan kepada sejumlah kecil seniman yang ternyata juga membuat karya grafis, dan satu di antaranya menghasilkan karya finalis yang ikut dipamerkan kali ini. Alasan lain tentu saja adalah menjadi bagian dari pengenalan atas Bentara Budaya yang bulan lagu diresmikan penggunaannya secara penuh.

Pameran yang dimulai di Jakarta dan disusul di Yogyakarta ini menyuguhkan 50 karya finalis termasuk di antaranya tiga pemenang utama. Inilah seri pemandangan terbaru di dalam perkembangan dunia seni grafis di Indonesia, yang merupakan hasil dari Trienal Grafis 2009, sebuah kompetisi tiga tahunan Bentara Budaya. Berbeda dengan dua kali kompetisi terdahulu, Trienal kali ini melonggarkan tema sambil mengharap munculnya karya-karya grafis yang hebat secara teknis sekaligus kuat di dalam pesan. Kombinasi kehebatan tersebut bisa ditemui di dalam sejumlah karya finalis. Berbagai corak gambar muncul di dalam puluhan karya tersebut, namun yang tak kalah penting hadir juga bermacam teknik cetak. Terbanyak di antaranya adalah cukil kayu, beberapa menggunakan intaglio, lithography, monoprint, serta “mixmedia”.

Menurut Ketua Juri Aminudin Siregar, di tengah berbagai kemudahan aplikasi teknologi/media sekarang, Trienal kali ini mengajak kita untuk merenungkan kembali potensi konvensi, kekuataan-kekuataan teknik, gubahan, dan estetiknya. Ia mengharap akan tercipta sebuah gelombang pemahaman bersama mengenai karakteristik seni grafis, mengenai peluang dan visi pengembangannya ke arah yang lebih baik.


Tidak ada komentar: