Jumat, 22 Januari 2010

Graffiti-Surfaces Actives-Art in Urban Space
Penyelenggara:
CCF de Jakarta

Waktu Mulai:
25 Januari 2010 jam 15:00
Waktu Selesai:
28 Januari 2010 jam 15:00

Galeri Nasional Indonesia, Medan Merdeka Timur no.14
Keterangan
Workshop : Senin, 25 > 29 Januari 2010
Tempat : Galeri Nasional, Jalan Medan Merdeka Timur no.14
Jakarta 10110 telp. 34833954
Pameran:
30 Januari 2010 > 10 Februari 2010, Galeri B- Galeri Nasional,

Demonstrasi:
28 Januari 2010-jam 10.00, Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta,


« Buka mata »
Sebagai pembela grafiti dan warna-warna cerah penuh semangat, RCF1 mendapatkan pengalamannya dari jalanan kota Paris yang telah memberikan kebebasan total baginya untuk beraksi. Komik, pop art dan hip-hop turut membangun dunia imaginasi tanpa batas ini.
Memadukan berbagai gaya, latar dan tokoh baik yang berasal dari kehidupannya sendiri maupun dari seniman lain, RCF1 menganggapnya sebagai cara untuk menghubungkan berbagai budaya, perbedaan yang merupakan kekayaan berharga yang harus digali. « Disini maupun di tempat lain, saya akan bertemu dengan orang-orang yang akan bercerita tentang kisah mereka dengan cara mereka sendiri. Bersama-sama, kita akan melukis dan berteriak kepada dunia : buka mata ! »
Sebuah workshop graffiti akan dilaksanakan selama satu minggu dan RCF1, seorang seniman Prancis akan didatangkan untuk membawakan workshop tersebut. Sekitar 19 seniman graffiti Indonesia akan berkumpul untuk saling mempelajari gaya graffiti satu sama lain dan akan menuangkannya dalam karya-karya graffiti yang setelahnya akan dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia, gedung B. Workshop ini diselenggarakan bekerja sama dengan /FlatStreet/Art yang merupakan sebuah komunitas seniman graffiti Indonesia yang telah terbentuk sejak tahun 2005. Sesuai dengan tujuan mereka yaitu untuk meneruskan jiwa dari seni graffiti yang sempat bergaung di tahun 80an, mereka sangat menyambut baik ajakan kerjasama dari CCF Jakarta untuk menyelenggarakan workshop ini. Workshop yang harapannya akan memberikan pandangan baru tentang perkembangan graffiti di Prancis yang nantinya dapat memperkaya inspirasi seniman graffiti Indonesia dalam berkarya. Selain memberikan workshop RCF1 juga akan membuat demonstrasi graffiti yang akan bekerja sama dengan salah satu Universitas di Jakarta.
RCF1 terinspirasi dari lagu Clash : « Rudie Can’t Fail » untuk menciptakan nama artisnya. Karena tumbuh besar di daerah pinggiran yang mayoritas pekerja buruh, grafiti secara otomatis menjadi caranya agar « dapat bebas ». Dengan kehidupan yang tak lepas dari komik, permainan ding dong dan poster berwarna yang berada pada bulevar besar, RCF1 menyerang tembok-tembok kota Paris tanpa melupakan support lainnya yang mungkin bisa bertahan lebih lama seperti kanvas. Maka, meskipun ia sering mengekspos karyanya, namun jalanan kota tetap menjadi arena bermain baginya. RCF1 yang lebih menyukai sisi spontanitas suatu tindakan daripada proses kerja suatu karya seni melihat seni lukis sebagai « kesaksian seorang individu yang sederhana dengan sentuhan aura suatu jaman ».
/Flatstreet/Art Misi
Berdiri sejak tahun 2005, dengan tujuannya yang ingin meneruskan jiwa dan energi graffiti yang pada tahun 80 an sangat kedengaran gaungnya bersama dengan breakdance dan DJ. Kecintaan terhadap media berekspresi ini tidak pernah luntur.
Silahkan bergabung di www.facebook.com/flatstreet, dan lihat berkembangan urban art Indonesia dan negara-negara Asia di sekelilingnya @ flatstreet.blogspot.com.
Misi: untuk menyebarkan seni budaya urban (graffiti, street art, vinyl toys, paper toys, sneakers & snowboard, skateboard decks, dan lainnya.) ke kota-kota di Indonesia dan beberapa negara tetangga, menyediakan informasi dan tips untuk berkarya melalui graffiti.
Visi: untuk memperkenalkan seniman Indonesia di jajaran seniman graffiti internasional
Sebagai bidang usaha:
/FlatStreet/Art menyediakan sebuah katalog daring (online) bagi para seniman yang membutuhkan peralatan yang berhubungan dengan seni urban www.flatstreetart.com.
Untuk informasi lebih lanjut atau untuk melakukan liputan/wawancara :
Penerjemah
Mouna Suyati Mansjur - tel. 390 7716 - 390 85 85 - 390 85 80


Tidak ada komentar: