Selasa, 02 Februari 2010

“ROOM EXIT” (Terima Kost; Revised)
JeckoSDANCE goes to Hamburg

Tanggal:
06 Februari 2010
Waktu:
20:00 - 22:30
Tempat:
GoetheHaus
Jl. Sam Ratulangi 9-15, Menteng
Jakarta, Indonesia


“…Tempat mengeluh saat sendiri, tempat bermain saat jenuh, tempat memohon ketika sedih, tempat berkhayal saat hati ini terbang. Cuma satu tempat yang kucinta, yang kubayar tiap bulan,…”

Jecko Siompo (lahir pada 4 April 1975 di Jayapura, Papua) adalah salah satu tokoh kreatif paling menonjol dalam kancah tari kontemporer Indonesia. Ketika masih anak-anak dan remaja tari tradisional telah memengaruhi jatidirinya. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Seni Pertunjukan IKJ ia menemukan kecintaannya kepada aliran Hip-Hop. Dalam menciptakan karya koreografinya, antara lain karya „Terima Kost“, Jecko mengembangkan gayanya sendiri dengan cara mengombinasikan unsur-unsur tari modern dengan tradisional.

Koreografi „Terima Kost“ merupakan kombinasi yang cemerlang antara tari tradisional dari Papua dan Hiphop, sebuah rimba yang terdiri dari simbol-simbol gerakan yang aneh, rimba yang dilewati oleh sang koreografer dengan ensambelnya yang terdiri dari penari muda yang fantastis. Jecko membawa kita ke dalam sebuah perjalanan yang tak terlupakan melewati pemandangan kota Jakarta. Kita melihat fasad (tampak depan) yang rapuh dari sebuah rumah yang terbuat dari potongan kayu kasar, para penari bergerak di dalamnya seperti monyet dan berayun-ayun dengan hidup dari jendela ke jendela … di latar belakang terdengar suara bising hewan. Dalam adegan-adegan kekacauan dan kegilaan, batas antara ruang urban dan alami menjadi kabur. Jecko tidak menunjukkan kepada kita tarian tradisional Papua Barat yang sesungguhnya, melainkan hanya esensi dari tarian tersebut, yang direkonstruksi dalam bentuk tari kontemporer berkat individualitas dan kreativitasnya. Para penari mencerminkan makhluk-makhluk rimba kota besar dan membuat keseluruhan pertunjukan menjadi pengalaman yang luar biasa.

Kampnagel Hamburg, tempat produksi dan pertunjukan bebas terbesar di Jerman, mengundang Jecko sebagai koreografer Indonesia pertama untuk menampilkan koreografinya „Terima Kost“ di tempat tersebut selama tiga hari, dari 11-13 Februari 2010. Goethe-Institut Jakarta memberi ucapan selamat kepada Jecko atas undangan tersebut dengan cara menampilkan karyanya di Jakarta sebelum sang koreografer itu berangkat ke Jerman.

Koreografer & Penata Musik: JECKO SIOMPO

Penari:
AJENG SOELAEMAN
ANDARA FIRMAN MOEIS
NUR HASANAH
GITA ANINDYA
MEITHA NINDYA SARI
SOLEMAN KORWA
MAYKEL NONGKO
STENLY PATTY
PHITOZ HARRIS
HERRY KMUR

Penata Lampu: AJIS DYINK
Penata Artistik: DERAY SETYADI
Pekerja Panggung: JOLLY & BENNY
Bagian Umum: HELDA & TANIA
Koordinator Latihan: KHAIRIL ANWAR
Marketing & PR: JULIA RAHMA
Pimpinan Produksi: IWAN RIDUAN


Tidak ada komentar: